My Acne Story : Perjuangan Melawan Jerawat

by - 2:51 PM

Hai guys aku kembali lagi, kemarin pada post sebelumnya aku udah cerita soal awal mula aku jerawatan, karena udah panjang banget jadi aku sambung kesini aja. Untuk yang belom baca silahkan baca ya…(link)


Pada part 2 ini aku akan bahas macam – macam cara aku memberantas jerawat. Post bakal agak panjang dan memiliki foto yang tidak enak dilihat. Aku sempat sembuh sesaat, mau tau skincare apa aja yang aku gunakan? Silahkan baca (disini)

Saat jerawat bruntusan kembali bermunculan, aku mencoba toner cuka apel dan Nature Republic Aloevera 92% Soothing gel karena liat liat di Youtube pada heboh dengan dua produk itu, ada sedikit perubahan tapi kulit aku jadi dehidrasi parah padahal sudah pakai hydrating toner. Huft emang ya kulit aku ini tidak terlalu cocok dengan skincare hits.

hasil pemakaian cuka apel + NR

Aku mulai tambah sedih karena tiba – tiba aja bruntusan didahi menjadi radang karena tidak cocok dengan air di suatu daerah, tambah tidak percaya diri, tapi pacar aku selalu nyemangatin aku selalu bilang tidak papa, dia selalu memuji kalau kulitku tiap minggunya ada perubahan kearah yang lebih baik, dan dia kembali mengajak aku kedokter spkk yang berbeda dari sebelumnya. Waktu berobat kedokter spkk itu aku dikasih produk Theraskin dan aku cocok, dahi aku tidak merah dan meradang lagi walaupun teksture-nya belom halus sepenuhnya.


hasil pemakaian Theraskin

Waktu pakai Theraskin, jerawat bagian pipi dan dagu sudah tidak tumbuh lagi, bagian dahi sampai sekarang masih sering di tumbuhi jerawat karena masih ada jerawat dibawah permukaan kulit. Karena Theraskin ini ada kandungan BHA, makanya jerawat yang ada dipermukaan kulit tumbuh dulu baru sembuh, istilahnya purging.

Baca Juga : Breakout VS Purging

Untuk bekas – bekas jerawat aku memakai tomat beku sekali sehari pada wajah kemudian didiamkan sekitar 20 menit, bekas jerawat jadi memudar, tidak lupa pakai sunscreen tiap hari meskipun cuma dirumah aja, wajib banget melindungi dari sinar matahari, sunscreen juga membantu dalam masa pemulihan skin barier. Kata dokter spkk kemarin, sebelum memakai skincare yang mengandung AHA atau BHA dalam mengatasi jerawat, kita diwajibkan mencari sunscreen yang cocok, karena skincare yang mengandung AHA atau BHA sangan sensitif pada matahari, dan bisa menyebabkan kulit tambah iritasi jika tidak pakai sunscreen. Heem sepenting itu guys sunscreen.







Oh iya selain pakai tomat beku dalam menghilangkan jerawat aku juga pakai Garnier Yoghurt Sleeping Mask karena agak ribet dan malas juga pakai tomat beku setiap hari. Garnier Yoghurt Sleeping Mask di totol – totol aja pada bagian yang memiliki bekas jerawat.




Foto diatas adalah kondisi kulitku sekarang, jika ada yang mikir itu satu sisi aja, coba perhatikan baik – baik pada bagain telinga dan sudut bibir, di sana ada tai lalat yang membedakan kanan dan kiri hehe. Kulitku sekarang menjadi jauh lebih baik, pipi aku sudah halus, pada bagian dahi masih agak bruntusan tapi sedikit banget. Entah kenapa bekas jerawat pada bagian dahi itu sulit banget hilangnya, kalau bagian pipi lumayan cepat hilangnya. 


Menurut aku jerawat ini mereda karena aku sudah menyelesaikan Tugas Akhir untuk lulus D3 karena bebanku berasa jauh lebih berkurang, tidur aku sudah teratur dan sudah lumayan nyenyak, memang ya pikiran dan hormon itu sangat berpengaruh, aku yakin teman teman tekniku juga mengalami kurang tidur dan stress tapi mereka tidak jerawatan sepertiku. Lemah sekali diriku bahkan daya tahan tubuhku jadi melemah ditamabah selama 2 bulan aku sering flu sembuhnya cuma 2-3 hari lalu flu lagi, 2 kali menghabiskan paket antibiotik untuk flu aja. Btw aku mengalami jerawat agak parah ini dimulai dari september 2017 sampai sekarang agustus 2018, dua semester penuh. 

Samapai sekarang aku masih memakai Theraskin tapi ditambah dengan beberapa produk otc dan minum suplemen ektrak kulit manggis sekali sehari. Nanti aku bikin update skincare routine dan post produk apa aja yang tidak cocok atau tidak bekerja dengan baik di kulitku.

Jika kalian masih bermasalah dengan jerawat, cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Berdamai dengan diri sendiri ini memang agak susah, hindari stress dengan menghindari cermin, bercerminlah waktu saat pakai skincare dan pakai baju saja dan setiap aku bercermin aku selalu bilang dalam hati kalau aku cantik dengan jerawat ataupun tidak, semangati diri sendiri, jika bukan diri kalian yang mencintai diri sendiri dan kasih semangat, siapa lagi. 

Selalu sabar menghadapi cibiran orang – orang, selalu sabar dalam memakai suatu produk, selama produk itu tidak menambah masalah baru terusin aja. Bijaklah dalam mengambil saran soal mengatasi jerawat, kenali kulitmu sendiri jangan telan mentah – mentah saran di internet mengingat kondisi kulit setiap orang berbeda. Jika kondisi kulit kalian tambah buruk dan kalian tidak tau harus bagaimana, segeralah ke dokter spkk jangan kedokter kecantikan atau klinik kecantikan, karena kadang klinik kecantikan itu cuma dokter umum yang belajar estitika.

Udah sampai sini aja guys pertemuan kita, semoga membantu kalian. See you again 

You May Also Like

7 comments

  1. Hi, linaaa. Waaah alhamdulillaah perjuangannya gak sia sia yah. Kk lagi struggling sama bekas jerawat juga nih. Recomend gak Garniernya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. recomended banget banget, cepat hipang bekas jerawat nya. krim malam legenda dari zaman SMA

      Delete
  2. Syukurlah kalo skr udh mulai jauh lbh baik ya mba. Kalo memang udh cocok ama produk wajah skr, pake itu ajalah. Aku skr ini perawatan wajah pake skin care jepang yg alhamdulillah cocok walo menguras banget hrganya. Yg ptg cocok dulu. Trus vitamin wajah dr dalam aku minum Feminine beauty dari nutrimax. Melindungi dr dalam lah setidaknya.. Skr alhamdulillah juga udh mulus lg. Palingan usaha dikit ngilangin fleks :p.

    ReplyDelete
  3. aku pakai theraskin acne cream, bisa dilihat pada post aku soal theraskin

    ReplyDelete
  4. Aku pun mengalami hal yang sama kamu, sedih bgt deh padahal pas sekolah itu aku jarang bgt jerawatan, dan skrng aku mau tugas akhir D3 dan jerawat di wajahku makin parah aja, Ampe radang klo kena sinar matahari, dan cobain tips ini itu, pake masker ini itu, pake produk ini itu, nyampe orang heran liat kondisi kulitku ..
    Apalagi hal paling sedihnya klo ada yg bilang "pake ini deh, muka kamu ancur bgt������" terus klo biar gk meradang dan ngilangin bekasnya selain pake yg Kaka coba, ada tips lain lg gk ka? Soalnya aku udah coba ini itu��

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangatlah... kita harus berdamai dengan diri sendiri dan belajar menjadi lebih kuat. Aku selain dari cara yang diatas, sekarang aku tambah serum The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% lumayan cepat mengurangi bekas jerawat, dan zinc itu membantu meredakan jerawat. Semoga membantu

      Delete
  5. Hai lina, melawan jerawat itu memang penuh perjuangan ya tp dimana ada kemauan pasti ada jalan. Aku jg berhasil melawan jerawatku yg parah banget yg udh 2 thn. Aku msh br nih di blog. Tolong cek blog aku ya gimana ceritanya per jangan melawan jerawatku.

    ReplyDelete