Skincare Routine : Minimal Skincare for Combination Skin

by - 7:00 AM




Hai hai selamat datang, kemarin udah bahas acne story dan sekarang kondisi wajah aku sudah membaik berkat menerapkan minimal skincare atau bisa disebut dengan basic skincare. Aku mengetahui minimal skincare ini awalnya dari instagram mrsdelonika, dia cerita memiliki jerawat yang tak kunjung sembuh padahal sudah pakai obat jerawat, spot treatment, aha-bha dll untuk mengatasi jerawat tapi jerawatnya tambah meradang, lalu dia juga cerita jerawatnya kalem setelah melakukan minimal skincare. Silahkan kunjungi instagram mrsdelonika karena dia sering banget membagi pengetahuan seputar skincare di insta story dia.


Skincare yang aku pakai dalam 2 bulan terakhir lebih sedikit dibandingkan skincare aku pada bulan april kemaren (baca disini), tapi produk yang dipakai juga cuma beberapa yang berubah.



Dipagi hari, aku Cuma memakai 2 buah skincare hehe beneran minimal bukan?
Bagi kalian yang belom tau aku memang udah beberapa bulan tidak memakai facewash pada pagi hari, bilas wajah dengan air yang mengalir dan sangat sangat membantu membuat jerawat aku kalem, seriusan gak bohong, aku hanya memakai Hydrating toner dan Sunscreen aja. Hydrating toner membantu menambah kadar air dibawah permukaan kulit, bagi kulit yang berminyak tidak perlu khawatir karena menambah kadar air tidak sama dengan menambah kadar minyak dibawah permukaan kulit.

Untuk Hydaring toner, aku pakai Hadalabo Shirojyun Ultimate Lotion. Aku suka karena dia menjaga kulit aku lembab dan supple, karena kulit aku itu dehidrasi efek dari penggunaan obat jerawat, Hadalabo Shirojyun Ultimate Lotion juga mengandung alpha arbutin yang berguna untuk mencerahkan dan mengurangi flek hitam, dan memang bekas jerawat aku agak pudar. Terakhir pakai sunscreen, ingat sunscreen itu sangat penting meskipun wajah lagi jerawatan jangan pernah skip sunscreen, karena dia melindungi kulit dari sinar matahari yang jahat. Aku tidak menggunakan Moisturizer karena sunscreen yang aku pakai sudah cukup lembab.

Next ke skincare yang dipakai malam hari, skincare yang dipakai ada 4 aja tidak sebanyak bulan april kemarin.

Yap bisa kalian liat pada gambar diatas produk apa aja yang aku pakai, pada malam hari aku juga tidak menggunakan facewash ini ikut ikutan kakak aku yang tidak menggunakan facewash, dia pakai milk cleansera aja untuk membersihkan wajah. Awalnya pagi aja gak pakai facewash tapi sekarang malam juga tidak pakai, aku menghilangkan facewash dari hidupku hoho lumayan kan tidak beli facewash lagi.

Pertama aku menggunakan Milk Cleanser, btw aku juga tidak menggunakan kapas langsung bilas pakai air aja sampai tidak ada rasa licin, tapi jika aku pakai base makeup, aku memakai milk cleanser 2 kali. Karena aku jerawatan jadi aku meminimalkan gesekan dikulitku agar jerawatku tidak radang, kalau kalian punya jerawat yang selalu muncul coba deh kurangi penggunaan kapas. Meskipun tidak pakai facewash dan tidak pakai kapas, dikulitku sih ok – ok aja dan tetap bersih, karena aku udah coba test usap kembali menggunakan micellar water dan cosrx aha/bha clarifying toner, hasilnya tidak ada debu ataupun kotoran yang tertinggal, kapasnya tetap putih. Asal cucinya sampe benar benar bersih, dan saran aku jangan ikut – ikutan tidak pakai facewash pada malam hari apa lagi bagi kalian yang pakai makeup, cukup dipagi hari aja tidak pakai facewash.

Kedua aku pakai Hadalabo Shirojyun Ultimate Lotion lagi, karena habis cuci muka, wajah berasa kering dan harus dikembalikan kadar air yang hilang. Menurut aku hydrating toner ini sangat membantu menyeimbangkan kadar air pada kulit, dengan bertambahnya kadar air dibawah kulit, kulit kita tidak akan mengeluarkan minyak berlebih yang bisa saja menyebabkan jerawat.

Ketiga aku pakai Theraskin Acne Cream kecintaan aku, dia sangat sangat berjasa dalam menyembuhkan jerawatku, dia mengandung BHA dan tea tree ekstrak. Pakainya keseluruh wajah tipis – tipis aja, jangan Cuma di totol-totol kejerawatnya aja, begitu sih instruksi dalam kemasannya, btw dia juga bisa dipakai pada malam dan pagi hari. Tapi sebenarnya dia agak membuat wajah kering, makanya hydrating toner itu penting.

Keempat aku menggunakan sleeping mask setiap hari untuk mengunci semua skincare aku, tapi tipis – tipis aja biar hemat aja sih sebenarnya. Aku pakai Laneige Water Sleeping Mask, aku suka efek cerah waktu bangun pagi, kulit berasa ada cahayanya gitu.

Gampangkan skincare aku, simple dan hasilnya ok dikulit aku, selain skincare yang aku pakai setiap hari, aku juga ada skincare mingguan yang aku pakai ganti – gantian.



Produk diatas adalah skincare yang paling sering aku gunakan bulan – bulan ini. Sama kaya bulan sebelumnya aku masih mengguanakan Freeman Cucumber + Pink Salt, aku sering pakai karena pengen cepat habis aja hehe.

Aku juga pakai Garnier Yoghurt Sleeping Mask, tapi aku menguunakannya dengan cara unik hehe, yaitu aku totolin pada bekas jerawat aja pakainya juga 3 kali seminggu aja, dan bekas jerawat aku cepat banget memudarnya. Kenapa aku tidak pakai keseluruh wajah dan tidak pakai tiap hari? Karena kan aku udah pakai Laneige, terus kalo aku pakai tiap hari wajah aku jadi terang banget dan warnanya beda dengan leher aku, padahal pakainya sampai leher.

Nah kali ini adalah kecintaanku, yaitu Naruko produk dari Taiwan, aku mendapatkannya dari giveaway tambah senangkan dapat produk gratis terus cocok pake banget lagi, alangkah bahagianya hidup ini. Yang pertama ada Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser in 1 pakainya maksimal 2 kali dalam seminggu, aku udah pernah review (baca disini).

Kedua ada Naruko Tea Tree Shine Controls & Blemish Clear Mask, ini adalah sheet mask tapi ini ok banget bukan sheet mask biasa yang sekedar lembab doang. Tapi dia juga benar – benar membuat jerawat aku mengecil, kemerahan hilang, wajah jadi cerah bahkan bertahan sampai 4 hari, bikin base makeup jadi flawless banget. Harganya memang agak lebih mahal dari pada sheet mask korea pada umumnya, tapi dia tidak mengecewakan sesuai dengan claim mereka, aku pakainya 1 kali seminggu aja.

Awalnya itu aku pikir tidak cocok dengan skincare mengandung tea tree karena dulu pakai The B*dy Sh*p malah jadi breakout tapi sejak pakai Theraskin dan Naruko yang sama menggunakan tea tree kulitku jadi bagus.

Jadi guys untuk yang jearawan kaya aku, cobain deh minimal skincare atau basic skincare (cleansing, toner, moisturizer, protection) istiqamah dalam melakukan basic skincare, liat dalam sebulan hasilnya, lupakan dulu soal exfo toner, serum dll, nanti kalau kulitnya udah membaik baru pakai serum lagi. Fokus ke produk yang hydating jangan pakai produk yang menghilangkan minyak nanti kulitnya stress. Akhirnya udah selesai jelasin produk yang aku pakai, semoga membantu. Jika skincare yang aku pakai sama dengan yang kamu pakai, komen ya! atau yang udah nerapin minimal skincare silahkan saling sharing.

Much Love,
Marlina Hidayati

You May Also Like

4 comments

  1. Dulu wajahku sempet breakout parah mba. Itu gara2 skin care yg ternyata ada kandungan AHA. Aku alergi itu. Waah sampe pusing mau ngobatinya. Pake segala macem ga mempan. Tp akhirnya nemu juga produk yg cocok, dan alhamdulillah skr bersih tanpa jerawat kembali. Krn skr jerawat hilang, jd skin care regimeku bisa balik normal, facial wash, FTE, pake night cream dan day cream, serum, dan eye cream. Makanya skr kapok utk coba2 produk lg, apalagi kalo sampe ada kandungan aHa itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu cocok pakai FTE yah, aku gak cocok padahal udah belain beli, cocoknya pakai STE aja, kayaknya kulit aku mau sama yang murah aja

      Delete
  2. Waahhh baru tau kalau basic skin care itu bisa ngilangin jerawat ya.
    Btw saya pernah pakai Theraskin dulu dari resep dokter kulit, tapi gak ngaruh apa-apa di wajah.
    Sekarang pakai skin care set, karena faktor U juga kali ya, jadi pakai 1 macam skin care aja udah gak mempan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jerawat kan faktor nya banyak, nah di aku ini mungkin kulitnya udah eneg dipakein macam macam hehe

      Delete