DIY : Rose Water

by - 6:00 PM



Halo-halo selamat datang kembali…. Siapa yang suka pakai Air Mawar atau Rose Water sebagai toner ataupun sebagai campuran masker ? Saya suka sekali, tapi saya orangnya sangat boros dalam menggunakan rose water. Aku liat di halaman rumah my boy friend ada bunga mawar merah, dan aku berpikir dari pada selalu beli kenapa gak bikin sendiri saja biar hemat. Aku akan kasih tau caranya ke kalian gampang ko.

Bahan dan alat yang kalian siapkan :
4 – 5 buah mawar
Panci
1 mangkok kaca berukuran kecil
2 gelas air
Es batu
Saringan
Botol spray kosong

Caranya :

Pertama ambil mawar 4 -5 buah, bagusnya sih kalau mawarnya organic dalam artian tidak dikasih pestisida, lalu pisahkan kelopak dengan batangnya.


Kedua cuci sampai bersih dengan air yang mengalir agar semua debu dan kotoran hilang


Ketiga, Siapkan panci, mangkok kaca dan air sebanyak 2 gelas. Letakkan mangkok kaca berukuran kecil di tengah panci, lalu susun kelopak mawar di pinggir mangkok kaca, kemudian tuangkan 2 gelas air ke panci. Mangkok kecilnya tidak usah dikasih air, mangkok kecil berfungsi untuk wadah embun dari rose water.


Letakkan tutup panci dengan posisi terbalik lalu letakkan es batu di atasnya, letakkan panci kekompor dan masak dengan api kecil sampai air didalam panci menyusut. Jik ES batu diatas panci mencair tinggal diganti saja.

Matikan kompor, waktu kita buka mangkok kosong akan terisi air, air tersebut adalah embun dari air didih mawar.


Air yang berada dalam mangkok berwarna agak keruh, yang agak keruh ini biasanya aku gunakan sebagai toner, wajah akan berasa lembut jika memakai Rose Water ini.


Air diluar mangkok jangan dibuang, karena masih bisa kita manfaatkan. Saring Terlebih dahulu untuk memisahkan air dan kelopak mawar. Air yang berwarna pink ini biasanya aku gunakan sebagai campuran lulur, semprot – semprot badan kalau berasa panas, dan juga sebagai body mist, wanginya sangat lembut.

Tinggal masukkan saja ke dalam botol spray kosong maka jadilah Rose Water Organic punya kamu sendiri.

Jangan lupa untuk menyimpan dalam lemari es, Rose Water ini bisa tahan hingga 2 minggu jika berada didalam kulkas. Bagaimana.. Mudah bukan ? Semoga membantu…

Terimakasih, Marlina Hidayati

You May Also Like

3 comments

  1. Waaa jadi inget mau bikin ginian tapi lupa terus haha. Kapan2 bikin ah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gampang tapi kadang males minta bunga mawarnya 😹

      Delete
  2. Oh dari embunnya ya, klo mawar saya cuma punya resep tonernya sih hehe

    ReplyDelete