My Acne Story : Awal Mula Jerawatan

by - 9:34 AM

Hai teman teman… aku mau cerita soal jerawat aku, ehehe jerawat aja punya cerita… dalam post kali ini bakal lebih panjang dari post biasanya dan mungkin bakalan dibagi dalam beberapa part, aku akan cerita awal mula aku jerawatan sampai dengan sekarang, my skin look like better. Dalam post ini juga akan aku tunjukin bagaimana jerawat yang aku alami, jadi aku sarankan kalau kalian merasa tidak nyaman dengan kontent ini jangan dibaca, kalau mau baca pun disarankan tidak sambil makan hehe. Foto – foto bakalan watermark super lebay karena untuk menghindari pencurian foto dan disalah gunakan oleh pihak tertentu.


Ok langsung saja, aku itu mulai berjerawat pada kelas 6 SD dibagian dahi mulai saat itu aku udah coba pakai sabun batang lifebouy buat wajah + badan, maklum namanya juga anak – anak. Saat SMP aku mengalami muncul jerawat waktu haid saja. Pada saat masuk SMA jerawatku muncul lagi tidak terlalu banyak masih bisa di kontrol, dan saat itu aku mengobatinya dengan krim dokter punya kakak aku, kakak aku perawatan di dokter spkk jadi aku minta sedikit buat totol jerawat aja, alhasil sembuh. Setelah itu aku hanya mengalami jerawat dalam sebulan 2-3 biji aja, tidak berarti apa – apa karena saat itu aku sudah rajin merawat wajahku.


Skincare yang aku pakai waktu SMA adalah Viva Milk Cleanser Timun, Garnier Light Complite Facial Foam, Secret Key Starting Treatment Essence kecintaanku, dan Garnier Light Complite Night Cream ok banget buat cerahin wajah yang belang karena panas – panasan.


Next, pada saat kuliah dari semester 1- 4 jerawat aku masih normal, sama aja kaya waktu SMA gak ada jerawat yang berarti. Tapi waktu semester 5, aku PKL atau magang + ngerjakan laporanya jerawat aku pada mulai muncul membuat aku khawatir dan mulai situ lah aku jadi kecentilan coba-coba bikin diy masker atau coba-coba beli masker yang udah jadi. Dan yang bikin gak habis pikir aku pakainya tiap hari… gimana gak rusak tuh kulit kalau makainya berlebihan. Dari situ aku stop sebagian skincare aku, tidak pakai masker masker bla bla lagi, Cuma pakai first cleanser dan facewash aja selama seminggu alhasil jerawat mereda tapi meninggalkan bekas hitam.

Setelah itu kan ada seminar hasil magang, duh aku mulai kurang tidur, begadang saat itu karena mengerjakan laporan yang tidak kunjung acc padahal biasanya jam 9 malam aku sudah tidur, setelah seminar hasil magang tidak sampai di situ teman-teman, aku harus memikirkan dan merancang tugas akhirku disitu aku sudah mulai stress, rambut aku jadi rontok parah, sampai pitak dan jerawatku pada muncul lagi tambah stress aku.


Jerawat yang tinggal bekasnya aja malah muncul jerawat lagi, dan pada saat itu aku liat di instagram ada serum Natural Pacific sekarang namanya berubah menjadi Nacific, aku pakai Fresh Herb Orgin Serum waktu di pakai asli cekit cekit, bekas jerawat memang cepat hilang tapi jerawatku terus terusan numbuh, aku pikir purgingkan jadi terus aja dipakai, ini adalah kesalahan terbesarku.

jerawat keluar karena nacific
Ternyata aku tidak cocok, karena bulan juli aku mencobanya kembali baru dipakai 2 jam wajahku muncul 3 buah spot merah. Aku liat di ig @belindaap ada beberapa ekstrak tumbuhan yang bisa mengiritasi pada beberapa orang, didalam serum Nacific Fresh Herb Orgin Serum ini banyak sekali ekstrak tumbuhannya mungkin karena itu aku tidak cocok.



Kesalahan kedua aku adalah makan sembarangan, kulit aku sudah tidak bagus tapi aku makannya sembarangan. Aku makan kepiting, padahal aku sadar kalau alergi sama kepiting, aku mikirnya gak papa toh cuma sedikit aja. Tapi ternyata guys aku alergi parah, gatel, merah, bengkak, muncul bintik bintik dekat mulut selama 3 hari, dan bintik itu menimbulkan bekas lagi… ahh suram banget hidupku.

alergi kepiting
Setelah kesalahan kedua, aku belom kapok dan masih mengulang kesalahan kesalahan yang sama, tau gak guys aku pakai masker kefir 2 kali sehari dan itu setiap hari, membuat skin barierku tambahah rusak, karena dulu aku pakai masker kefir baik baik aja, niat mau mulus malah kantong yang jebol. Seharusnya aku tidak menggunakan suatu produk secara berlebihan.

over eksfoliated
Dan sejak itu aku sudah berusaha pakai skincare otc, skincare korea sampai ke dokter spkk jerawat aku kadang membaik kadang memburuk. Kulitku tidak stabil, hari ini membaik besok belom tentu tetap baik.

kondisi kulit dalam beberapa bulan tahun 2017 - 2018
Aku jadi sedih, makin tidak percaya diri, lebih sensitif dari pada biasanya, tiap ketemu keluarga, teman pasti yang di bahas adalah jerawat dan kemudian bilang pakai ini bla bla bla, masih bisa di tahan tapi ada juga yang bilang aku malas cuci muka, padahal orang yang jerawatan itu lebih sangat memperhatikan kulitnya, sudah mencoba ini itu sampai berobat kedokter tapi tidak selalu ngefek dan berjalan mulus, sudah menjaga makanan, mengganti sprei tiap 2 hari sekali, keringin wajah pakai tisu atau pakai tangan aja di tepuk – tepuk.

Aku sempat khawatir berlebihan soal kebersihan tangan, bentar – bentar aku cuci tangan, kalau tidak ada air aku lap pakai tisu basah,  karena takut tangannya kotor dan tanpa sadar menyentuh wajah, pakai masker buat melindungi debu seharian penuh bahkan saat tidur.

Jadi guys please banget kalau punya teman lagi jerawatan jangan pernah nyinggung – nyinggung mereka atau saranin ini itu dan sok tau sampai klaim mereka jorok. Tanpa kalian kasih tau kami sadar ko kalau wajah kami itu jerawatan karena kami lebih tau tentang kulit kami sendiri, memang terdengar baik menyarankan ini itu, tapi saran – saran itu tidak jarang sudah kami coba dan tidak berguna bagi kami. Jadi baiknya kasih mereka saran jika dia minta saran aja. Please perlakukan kami layaknya manusia normal aja.





You May Also Like

5 comments

  1. Ih sama ceritanya aku juga pakai fresh herb origin serum kirain purging taunya sampe bulan kelima makin parah jadi jerawat batu baru deh berenti. Ini skrg aku jadi pakai masker organik green tea udah seminggu lebih berturut” dan jd mateng dan mulai sembuh jerawatnya. Tapi baca cerita kamu pakai masker kefir 2x sehari setiap hari malah jd ga stabil ya kulitnya. Jd galau aku. Sama juga nih nanya temen malah dibilang rajin bersihin muka padahal udah double cleansing -.- Sebel jg udah berapa orang bilang kok jd jerawatan pas aku milih bareface. Akhirnya pakai apa aja sist sampe jadi sembuh?

    lassienew-fangled.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai kefir tiap hari malah nikib kulit gak stabil, bisa di bilang overeksfo, harus di kurangin yapt tergantung kulitnya sih, kata liah yoo harus jaga skin barier, aku nerapin minimal skincare 2 bulan, bisa di baca post aku selanjutnya

      Delete
  2. I feel you mba. Krn aku pernah ada di posisi mba.. Kulitku itu sbnrnya jrg jerawatan. Tp pas zaman smu aku mulai centil pake macem2 facial wash dan cream. Dan ternyata salah satu skin care yg aku pake ada kandungan AHA, dr situ aku mulai purging parah, ga sembuh2 ampe lulus kuliah. Aku baru tau, aku alergi AHA.

    Kuliah, kulitku halus lg. Udh nemu yg cocok. Tp baru aja setahun yg lalu, aku kumat pake skin care yg aku ga cek kandungannya, dan ternyataaaa ada AHA nya! Berulang lg purging parahnya. Sampe setahun. Baru aja ini kulitku balik ke normal, setelah pake skin care yg direkomendasiin temenku. Ternyata cocok. Skr aku udh males gonta ganti. Udh nemu yg cocok, jgn lg coba coba. Kasian kulit :).

    Btw ya mba, nacific frwsh herb itu aku pernah baca, ada kandungan AHA nya. Bisa jadi yaaaa, kamu alergi itu jg, makanya ga cocok. Gejalanya sama kayak aku. Setiap pake yg ada kandungan aha, cekit cekit kayak senutan, trus merah, trus jd purging jerawat. Awalnya aku pikir, itu cm detox awal. Ternyata makin parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin aja ya aku alergi AHA juga, sekarang aku lebih memperhatikan soap kandungan skincare aku gak mau lagi coba coba skincare yang lagi hits tanpa mencari lebih detail

      Delete